Apa itu QR Code dan Bagaimana Menggunakannya ???

FYI aja ya untuk para internet maniac, ini adalah postingan pertama saya yg saya buat di pagi hari😀 sebenarnya ngak penting sih buahahaha :p Ya udah mari kita mulai postingannya. Pasti di kalangan pengguna smart phone, penggunaan QR Code sudah tidak lazim lagi. Walaupun saya tidak punya smart phone😦 untungnya saya tau apa itu QR Code😀 Nah jadi sebenarnya apa itu QR Code ???

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR (Quick Response) Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang (http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR)

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR#Definisi)

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat (http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR#Kelebihan_kode_QR)

Nah jadi sebenarnya apa fungsi dari QR Code ini ? Apa cuma sekedar gambar aneh yg terdiri dari kotak2 yg tidak jelas bentuknya buahahaha😀 QR Code digunakan untuk menyimpan url, teks, pesan sms, dan juga nomor handphone dalam bentuk gambar kotak – kotak yang aneh. Untuk bisa membaca QR Code, sebuah smart phone harus memiliki aplikasi QR Reader. Salah satu aplikasi QR Reader yg menurut saya cukup tenar di lingkungan smart phone samsung adalah NeoReader. Bagi yg mau mendownload aplikasi ini bisa langsung ditemui di Android Market. Nah kalau cara kerjanya QR Code itu seperti gambar yg saya kutip dari wikipedia :

Cara Kerja QR Code

Nah kalau yg mau mencoba untuk membuat QR Code sendiri, bisa mencobanya melalui http://qrcode.kaywa.com/. Kalau yg QR Codenya mau berwarna bisa menggunakan format url seperti ini http://qrcode.kaywa.com/code/p8FFFFFFFF7700/postinganane.wordpress.com Nah untuk penjelasan dari format url ini adalah :

p –> merupakan format file yg akan dihasilkan nanti, bisa memakai j untuk jpeg dan p untuk png

8 –> untuk ukuran size gambar, semakin besar ukurannya semakin besar juga gambarnya

FFFFFF –> untuk warna dari kotak2 aneh QR Codenya x))

FF7700 –> untuk warna background QR Codenya, saya memakai warna oren karena ini merupakan favorite color dari seseorang yg spesial buat saya🙂

Nah bagi yg kurang mengerti tentang cara menentukan warnanya, bisa buka web http://www.colorpicker.com/ tinggal klik warna yg kita mau dan nanti akan muncul sendiri kode hexa untuk warnanya😀

Yap saya rasa sudah cukup jelas postingannya, semoga berguna ya. Oh ya lupa, karena ini dipost di malam minggu (sebenarnya udah siap dari pagi postingannya tapi ngk sempat ngepost #abaikan *ngak penting*) saya mau ngucapin Happy SatNite ya🙂

4 comments on “Apa itu QR Code dan Bagaimana Menggunakannya ???

  1. Pingback: Apa itu QR Code dan Bagaimana Menggunakannya? | Goldflake Chocosphere

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s