Cara mengganti Hostname Linux di Ubuntu

Ok all langsung saja tidak usah banyak basa basi karena terlalu banyak basa basi akan membuat sesuatu menjadi basi, hehehehe😛 Pada postingan saya yg ke sekian kali ini saya akan membahas cara untuk mengganti hostname para teman teman sekalian yg menggemari ubuntu. Sebenarnya saya sendiri tidak tahu arti dari hostname, berhubung saya sendiri tidak tahu arti dari hostname mari kita tanyakan langsung ke wikipedia. Hostname adalah nama komputer (http://id.wikipedia.org/wiki/Hostname) untuk lebih lengkapnya artinya seperti ini Hostname adalah program yg digunakan untuk menampilkan pemilik/pemakai dari sebuah system. Untuk mengetahui hostname kamu cukup buka terminal kamu, saya berikan contoh dengan gambar terminal saya.

Nah dari gambar diatas kita semua dapat tahu kalau hostname saya adalah david@david-machine, dan pada tutorial kali ini saya akan memberitahu cara merubah hostname david@david-machine menjadi david@ubuntu-david, ok ini dia step by stepnya :

1.Pertama buka terminal kamu dan login sebagai root, commandnya seperti ini :

david@david-machine:~$ sudo su
[sudo] password for david:
root@david-machine:/home/david#

2.Setelah itu ketikkan hostname, maka akan keluar hostname kamu saat ini

root@david-machine:/home/david# hostname
david-machine

3.Untuk merubah hostname kamu ketikkan hostname lalu lanjutkan dengan kata yg menjadi hostname kamu nantinya

root@david-machine:/home/david# hostname ubuntunya-david

kira – kira tampilannya di terminal kamu seperti ini nantinya


4.Jeng jeng jeng ternyata hosname kamu belum berubah😛 untuk melihat perubahannya kamu harus keluar dulu dari terminal kamu

root@david-machine:/home/david# exit
exit
david@david-machine:~$ exit

5.Coba buka lagi terminal kamu dan sekaranglah saat yg cocok untuk mengucapkan kata jeng jeng jeng😀 karena kamu telah berhasil merubah hostname kamu


Sangat mudah bukan ? sayangnya penggantian hostname ini sebenarnya memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :

1.Penggantian hostname ini hanya bersifat sementara, jika kamu merestart ubuntu kamu maka hostnamenya akan kembali seperti semula

2.Setelah penggantian hostname ini kamu tidak membutuhkan password lagi untuk login sebagai root, cekidot ya

david@david-machine:~$ sudo su
sudo: unable to resolve host ubuntu-david
root@david-machine:/home/david#

gambarnya seperti ini :


Sekianlah postingan dari saya akhir kata saya minta maaf kalau ada kesalahan dalam pengetikan, dan saya minta maaf juga kalau penutup postingannya sok – sok kayak  penutup kata – kata pidato, wkwkwkwk🙂🙂🙂

By David Posted in Linux

6 comments on “Cara mengganti Hostname Linux di Ubuntu

  1. Pingback: Backtrack 5 release !!! « sayaaje

Leave a Reply

