Internet Connection Sharing dengan Jaringan Ad-Hoc di Windows 7

Well my brotha and sistha pada postingan saya yg sebelumnya saya telah membahas tentang Jaringan Ad-hoc di Windows 7, nah pada postingan saya kali ini saya akan membahas salah satu manfaat dari jaringan ad-hoc. Pada postingan saya sebelumnya kita sudah mengetahui kalau jaringan ad-hoc itu bisa dipakai untuk bermain game dan sebagai sarana pertukaran data antar komputer. Namun tahukah kamu kalau jaringan ad-hoc itu bisa dipakai untuk membagi koneksi jaringan internet atau istilah kerennya ICS (Internet Connection Sharing). Internet Connection Sharing adalah software bawaan dari windows yg membuat kita dapat berbagi koneksi jaringan internet dengan mudah.

Mungkin kamu pernah mengalami masalah seperti ini, ketika itu kamu sedang bermain internet dengan laptop dalam koneksi jaringan LAN kemudian dua orang teman kamu datang menghampiri kamu dengan maksud tersembunyi dimana maksud tersembunyi itu adalah mau ikutan ngenet bareng, ciee bahasanya pakai kata – kata “maksud tersembunyi”buat orang berpikiran negatif aja neh, hehehehe😛 Namun masalahnya kabel RJ45 nya udah di pakai semua, dan teman kamu tidak bisa ikutan ngenet bareng karena kabelnya dipakai semua. Mungkin untuk pemecahan masalahnya kamu dapat memakai fasilitas ICS yg dari tadi kita bicarakan, kamu dapat menggunakan laptop kamu sebagai pembagi koneksi jaringan internetnya. Nah untuk cara pemakaiannya kamu bisa mengikuti tutor yg saya buat ini, pada tutor kali ini saya akan sharing cara menggunakan ICS di windows 7, neh step by stepnya :

1.Pertama kita harus mempunyai kompi atau laptop yg mempunyai dua network adapter yaitu ethernet adapter (LAN card) dan wireless network adapter << syarat mutlak harus dipenuhi

2.Kedua untuk menggunakan ICS salah satu adapter harus menggunakan ip diantara range 192.168.137.1 – 192.168.137.254 (thanks buat agan Yugo Yugos atas komeng perbaikan ip dhcp win 7😀 ), sementara ketika itu ip range laptop kamu ada di 10.10.0.1 – 10.10.0.254 nah apakah ini menjadi masalah ? tentu saja tidak dan justru menjadi kabar bagus karena syarat terjadinya routing adalah menggunakan 2 alamat  IP dengan network ID yang berbeda (keren banget kan penjelasan saya ? hehehe, sebenarnya ini bukan penjelasan dari saya tapi dari om S’to dari bukunya yg berjudul Jasakom Wireless Kungfu. Gubrakk !!! ngak apa apa deh ada sedikit unsur copas, yg penting my brotha and my sistha ngerti ok😉 ) kira – kira penjelasannya seperti ini :


3.Nah untuk mengaktifkan ICSnya sendiri, klik wireless icon di sudut kanan monitor atau bisa juga dengan cara Start -> Control Panel -> Network and Internet -> View Network status and tasks.

internet connection sharing di windows 7
4.Kemudian pilih Change Adapter Settings yg ada di sidebar kiri

internet connection sharing di windows 7
5.Pilih LAN adapter kamu lalu klik kanan pilih Properties

6.Buka tab Sharing

7.Kemudian kasih tanda centang di Allow other network users to connect through this computer’s internet connection

8.Lalu pada bagian Home Networking Connection pilih Wireless Network Connection

internet connection sharing di windows 7
9.Kalau ingin tahu tentang ICS kamu bisa klik tab Settings, di sana kamu bisa mengatur Services Internet apa saja yg bisa dipakai oleh user. Kamu bisa mendisable penggunaan FTP, IMAP3, IMAP4, SMTP, POP3, Remote Desktop, HTTPS, Telnet,dan HTTP.

internet connection sharing di windows 7
10.Kalau udah selesai mensettingnya klik Ok.

Dan akhirnya teman kamu yg mempunyai maksud tersembunyi tadi bisa ngenet bareng sama kamu, selamat berinternet ria dan kalau ngenet jangan lupa kunjungi blog saya😉 sekalian promosi blog hehehehe🙂

19 comments on “Internet Connection Sharing dengan Jaringan Ad-Hoc di Windows 7

    • begini gan penjelasan yg ane dapat dari microsoft :
      “The Sharing tab will not be available if you have only one network connection”
      artinya sharing tabnya ngak akan muncul jika agan hanya punya satu koneksi jaringan maksudnya misalnya laptop agan cuma bisa koneksi lan aja tapi ngak bisa koneksi wireless

  1. Tutornya salah tu,,,Yang di sharing net adapter nya,,bukan wirelesnya gan,,tapi Lan nya,,,tutor no 4-7 tu peratikan tabnya wirelles,,trus tutor no 8 kok jadi LAN ,,,setau saya,,gateway virtual NAT nya ada di net adapter yg mau di sharing( yang dapat jaringan WAN),,trus DHCP servernya pada net adapter penghubung ke DHCPclient,,ICS ini hampir mirip prinsip kerja router pada AP,,trus kesalahan kedua,,,setau saya Ad-Hoc untuk Win 7, IP defauld DHCP servernya 192.168.137.1 bukan 192.168.0.1 (pada Windows XP) na ini judulnya config ad hoc (ICS pada win 7,),kok beda sample,,tutornya?

    • sebelumnya makasih atas komeng perbaikannya gan,
      sebenarnya postingan saya ini saya buat berdasarkan panduan ebooknya om S’to yg judulnya Wireless Kungfu, klau di ebook itu contohnya pake win xp trus saya kira xp sma win 7 pengaturan dhcpnya sama hehehehe😀,
      ok deh ane perbaiki dulu ya gan ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s